Sunday, January 20, 2013

Larangan Berdusta Tentang Mimpi

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas r.a, dari Nabi saw. beliau bersabda, "Barangsiapa yang mengaku telah bermimpi sesuatu padahal sebenarnya tidak maka ia akan dipaksa untuk duduk di antara dua helai rambut dan ia pasti tidak akan mampu melakukannya," (HR Bukhori [7042]).
 
Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar r.a, ia berkata, Nabi saw. bersabda, "Kedustaan yang paling besar ialah seorang laki-laki yang mengaku telah bermimpi melihat sesuatu padahal ia tidak melihatnya," (HR Bukhori [7043]).
 
Ada beberapa hadits lain yang termasuk dalam bab ini, yaitu dari Ali, Abu Hurairah, Abu Syuraih dan Watsilah r.a.

Kandungan Bab:

  1. Haram berdusa tentang mimpi dan perbuatan itu termasuk dosa besar yang terbesar, karena ia telah berdusta terhadap Allah. Adapun dusta yang dilakukan saat terjaga adalah dusta terhadap makhluk.
  2. Mimpi itu dari syaitan, oleh karena itu Rasulullah saw. menamakan al-hulm bukan ru'ya. Dan hulm (mimpi) di sini adalah dusta dan itu berarti dari syaitan.
 
Sumber: Diadaptasi dari Syaikh Salim bin 'Ied al-Hilali, Al-Manaahisy Syar'iyyah fii Shahiihis Sunnah an-Nabawiyyah, atau Ensiklopedi Larangan menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah, terj. Abu Ihsan al-Atsari (Pustaka Imam Syafi'i, 2006), hlm. 3/515-515

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...